Search This Blog

Friday, November 24, 2017

Anda Belum Menjadi Pemimpin yang Baik Jika Masih Memiliki Sikap-sikap Ini, Nomer 3 Sangat Membuat Jengah



Menjadi seorang pipmpinan tentunya merupakan prestasi tersendiri bagi seseorang. Namun memimpin sebuah tim bukanlah perkara mudah. Setiap tindakan yang dilakukan dan keputusan yang diambil, sangat mempengaruhi kesan dan penilaian bawahan terhadap seorang pimpinan.
Pemimpin yang baik akan membuat bawahan senang bekerja dengan. Ia akan selalu melakukan hal yang terbaik bagi perusahaan. Namun bagaimana jika ternyata seorang pemimpin tidak  disenangi bawahan? Apakah Anda termasuk kedalam golongan pemimpin yang tidak disenangi? Untuk mengetahuinya, simak sikap-sikap di bawah ini.

1.     Selalu berkomentar buruk
Setiap karyawan memiliki kemampuan dan tingkat intelegensi yang berbeda. Ketepatan dan kecepatan mereka bekerja pun bervariasi. Jika Anda selalu berkomentar buruk atas apa yang mereka lakukan maka itu hanya akan membat karyawan Anda merasa direndahkan. Cobalah untuk percaya bahwa mereka telah melakukan yang terbaik. Beri mereka kritik dan saran yang membangun, bukan malah menjatuhkan.
2.      Tidak memberikan pujian
Ketika karyawan Anda sudah bekerja keras dan memberi hasil yang maksimal, Anda hanya berdiam diri dan bersikap biasa saja. Hal ini akan membuat karyawan Anda merasa tidak dihargai dan kemungkinan tidak akan mau bersungguh-sungguh lagi bekerja untuk Anda. Sebaiknya beri apresiasi yang sesuai atas apa yang telah mereka lakukan. Itu akan membuat semangat kerja karyawan Anda bertambah.
3.      Hanya memerintah
Seorang pemimpin memang berhak memerintah bawahan, akan tetapi jika Anda hanya memerintah dan tidak ikut ambil bagian dari pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh tim, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Cobalah libatkan diri Anda, agar Anda lebih memahami masalah dan hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan harus segera diselesaikan lebih dahulu.
4.      Jarang berdiskusi
Bawahan Anda terkadang memiliki masalah pekerjaan yang memerlukan pendapat dan saran Anda. Cobalah lebih dekat dengan mereka untuk mendiskusikan hal-hal yang menjadai masalah dalam pekerjaan.
5.      Enggan menyelesaikan konflik
Dalam sebuah hubungan kerja, tidak jarang ada beberapa karyawan yang memiliki masalah dengan pihak lain. Lalu Anda hanya berpangku tangan dan menganggap itu bukan masalah Anda. Jangan biarkan itu terjadi, jadilah penengah dan pembela bagi karyawan Anda.
6.      Tidak bertanggungjawab
Sebagai pemimpin Anda terlalu sering melemparkan tanggungjawab kepada orang lain. Meminta orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan, padahal Anda mampu menyelesaikannya. Saya sarankan sebaiknya jangan terlalu sering melakukan hal itu, karena hanya akan membuat Anda kehilangan wibawa.
7.      Karyawan tidak bahagia
Ketika karyawan terlihat malas-malasan dan bermuka murung ketika bekerja, kemungkinan ia tidak senang dengan cara Anda memimpin. Temukan masalahnya apa, jangan biarkan itu terjadi. Perbaiki hubungan dengan mereka agar suasana kerja lebih kondusif.
8.      Tidak terbuka
Dalam pekerjaan selalu memerlukan dukungan pihak lain yang relevan dengan pekerjaan tim. Jika Anda kurang terbuka kepada divisi lain atau pihak lain yang memungkinkan bisa membantu, maka pekerjaan akan berjalan lambat. Bersikaplah terbuka agar pekerjaan lebih lancar.

Demikianlah beberapa sikap yang perlu Anda hindari ketika menjadi pemimpin. Semoga bermanfaat. 
Sumber gambar : agunkzscreamo.blogspot.com   

Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment