Search This Blog

Monday, December 29, 2014

Teruslah Berusaha untuk Tetap Sehat dan Bahagia

Tanpa membohongi hati kecil kita, sebisa mungkin kita harus berusaha untuk tetap bahagia. Walau tak ada satupun orang yang bisa membohongi hatinya sndiri, tapi ternyata setidaknya kita harus mampu untuk mengalihkan perhatian kita kepada hal lain yang lebih menyenangkan disaat kita dilanda kesedihan. Walaupun itu kdang terasa begitu sulit, namun itu sangat perlu dilakukan. Kenapa? ya demi kesehatan dong...
Banyak sekali orang yangg meninggal gara-gara serangan jantung, struk, keguguran, maag kronis, tukak lambung, sakit kepala berlebihan, insomnia, kelainan rahim, bahkan jadi pasien RSJ, karena akibat "stress berat". Gak mau kan ini terjadi dengan kita..?


Dengan kata lain, akan labih baik fisik yang lelah karena mengarjakan sesuatu dalam keadaan hati yang riang gembira menyelsaikannya, lalu kita cukup beristirahat, cukup tidur, cukup makan. Dibandingkan lelah memikirkan sesuatu yang tak jelas. misalkan berlarut-larut dalam kesedihan yang tak jelas, penyesalan yang takberujung, memikirkan seseorang yang tak penting, atau membebani diri dengan isu-isu yang sebenarnya tak perlu kita perhatikan, tak perlu menjadi masalah kita,  bersedih sepanjang hari, melamun sepanjang malam, fikiran terkuras,
tidur tak nyenyak, makan tak enak, kehidupan sosial tak sehat, jarang bertemu tetanga gara-gara mengurung diri di rumah, jarang berbicara dengan orang-orang di rumah ara-gara sibuk memikirkan masalah yang sedang di hadapi, lalu kita akhirnya kurus kering, penyakitan, gila... dan... dan... bla, bla..

Di sini ternyata orang-orang terdekat dan terkasih sangat berperan dalam mendukung keshatan kita. sebaliknya kita juga tentunya sangat brperan penting dalam menjaga kesehatan orang lain. maka kita harus benar-benar saling menjaga hati dan kebahagiaan masing-masing.

selain menjaga kebhagiaan hati, cara lain untuk menjaga agar tetap sehat dan bahagia adalah :

Pertama  perbanyak bergaul dengan orang-orang yang selalu optimis, keuntungan nya adalah :

 1. Selalu semangat bekerja
Orang-orang yang bersifat optimis mereka akan merasa sangat bahagia dan siap menghadapi tumpukan pekerjaan apapun. Itu lantaran sifat optimisnya membuat dia memilih pekerjaan yang sangat diidamkan dan membuatnya semangat bekerja.siapa tahu kita akan tertular semangat nya.
2. Selalu fokus pada hal-hal baik
Menurut sebuah pemelitian di Florida State University, hal buruk lebih kuat daripada yang baik. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi orang-orang yang memiliki tingkat keyakinan tinggi.
Orang-orang yang optimis cenderung fokus pada sejumlah hal baik di tempat kerja. ingat, berbagai kejadian negatif dapat membuat otak Anda sulit berkembang dan menghambat karir di kantor.
3. Jauh lebih tenang

Berbagai beban kerja yang menimpa dapat dengan mudah membuat Anda merasa stress. Apalagi mengingat realitas dunia kerja saat ini yang cenderung dipenuhi emosi negatif.
Namun orang-orang yang optimis pada hasil pekerjaannya cenderung mampu melatih diri untuk lebih tenang dan tidak diburu emosi.
4. Selalu memiliki mimpi yang besar
Bermimpi berarti mempercayai impian tersebut. Banyak penelitian yang menemukan seorang anak kecil yang yakin dirinya akan mencapai satu tujuan di masa depan selalu berhasil mencapainya. Kuatnya kepercayaan terhadap mimpi tersebut membuat banyak orang berani membayangkan kesuksesan dan berusaha keras mencapainya.
5. Selalu menghindari konflik di tempat kerja

Sifat optimis pada diri seseorang membuatnya lebih memilih bergaul dengan rekan kerja yang suportif di kantor. Hal itu dianggapnya dapat meningkatkan produktivitas dan membuat perasaan menjadi lebih bahagia di kantor. (Sis/Ndw)

Kedua perbanyak nonton acara komedi agar Anda bisa tertawa lepas. 
karena dari beberapa atrikel yang saya baca tertawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. diantaranya :
  1. Mencegah berkembangnya hormon penyebab stres dan meningkatkan sel pembentuk sistem kekebalan tubuh.
  2. Ketawa akan melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung. Tahukah anda, tertawa 100 kali setara dengan 15 menit bersepeda?
  3. Tertawa menyediakan sarana pelepasan fisik dan emosional secara gratis, anda akan merasa dibersihkan setelah mengeluarkan tawa.
  4. Mampu membentuk pikiran positif karena tertawa akan memusnahkan rasa marah, stres serta emosi negatif lain.
  5. Mengubah perspektif "ancaman" sebagai "tantangan" yang positif sehingga menghilangkan rasa takut dan tidak percaya diri.
  6. Membakar kalori tanpa disadari. Tahukah anda, tertawa selama 15 menit akan membakar 50 kalori dalam tubuh?
  7. Menyehatkan orang disekitar anda karena tertawa itu menular sehingga dapat mengurangi tingkat stres mereka.
  8. Orang yang optimis cenderung lebih sehat dan kebal akan penyakit dibandingkan orang pesimis karen mereka lebih mudah tertawa.
  9. Dengan mental positif yang dimiliki, orang optimis memiliki kemungkinan besar berumur panjang karena selalu mengharap hal baik terjadi.
  10. Dapat memperbaiki mood dalam sekejap. Tahukah anda, tertawa memberikan stimulasi setara dengan makan cokelat 2000 bars?
Ketiga perbanyak jalan-jalan. untuk manfaat yang ini gak usah dibahas dong.. sejauh mana pentin nya untuk kesehatan dan kebahagiaan. karena banyak sekali kan.. selain menyehatkan tubuh, di perjalanan kita juga dapat melihat berbagai pemandangan dan berbagai kejadian yang bisa membuat kita senag, atau mengambil pelajaran dari apapun yang kita lihat.

keempat, hadiri acara-acara yang memancing kita untuk tepuk tangan atau ciptakan irama-irama tepukan yang menyenangkan bersama keluarga di rumah, di tempat kerja atau di manapun, ketika Anda sempat. . karena dengan tepuk tangan, syaraf-syaraf yang kaku akan normal kembali..

tangan adalah pusat syaraf dari semua bagian tubuh.... karena di tangan ada banyak sekali syaraf penghubung kesemua bagian.pada setiap syaraf membuat koordinasi sendiri dan menghasilkan efek baik bagi organ organnya. contoh organnya adalah mata, ginjal, usus 12 jari, paru-paru, dll. Pa bila kita bertepuk tangan maka semua bagian syaraf akan tertekan dan bereaksi sesuai dengan fungsinya. semakin kita sering bertepuk tangan maka semakin lancar peredaran syaraf , atau dalam arti kata melatih kerja organ tersebut. Bertepuk tanga yang baik adalah , meletakan semua bagian (permukaan tangan satu dengan tangan lainnya),Kemudian tepuk secara berirama, dan rasakan permukaan tangan anda semakin panas maka semua organ dalam tubuh akan berangsur sehat.

Semoga kita tetap sehat, bahagia, panjang umur dengan usia yang bermanfaat. Amiin.. ;)
Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment